Rakernaslub SIWO PWI di Lampung Berakhir, Ini Beberapa Hasil Rekomendasi

Janu Riyanto (Tengah) Saat Menjadi Pimpinan Sidang Rakernaslub Siwo Lampung | Foto : Detik Lampung

Lampung – Rapat Kerja Nasional Luar Biasa (Rakernaslub) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berlangsung tanggal 25-26 Oktober 2019 yang dipimpin oleh Janu Riyanto (Jogjakarta), Sekretaris Edi Purwanto (Lampung) dan Warpur Hanas (Papua Barat) telah berakhir.

Dalam Rakernaslub tersebut, berhasil menciptakan beberapa keputusan yang cukup alot dalam hal penetapan tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) tahun 2020 mendatang, yang secara aklamasi memilih Jawa Timur sebagai tuan rumah. “Jadi sesuai dengan persetujuan seluruh peserta, maka Jawa Timur ditetapkan sebagai tuan rumah Porwanas 2020,” Sebut Janu Riyanto, sebelum mengetukkan palu sidang.

Rekomendasi lain yang dihasilkan dalam rakernaslub perdana ini adalah cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porwanas 2020. Sebelumnya terdapat 8 cabang olahraga akan dipertandingkan di Porwanas, yakni Atletik, Biliar, Bulutangkis, Catur, Futsal, Sepakbola, Tenis Lapangan, Tenis Meja. Namun dengan terpilihnya Jawa Timur sebagai tuan rumah, maka terdapat hak untuk mengajukan cabang olahraga yang dipertandingkan. Untuk ini, Jawa Timur telah menambahkan dua cabang olehraga yakni Bridge dan Boling (bowling).

Rekomendasi lain yang dihasilkan dalam rapat tersebut adalah soal entry by number dan entry by name Porwanas 2020.  “Dengan persetujuan bersama, untuk entry by number dilakukan 4 bulan sebelum pertandingan dan entry by name 2 bulan sebelum pertandingan,” Ungkap Janu.

Persyaratan atlet peserta juga dipertegas dengan syarat telah lulus UKW dan mem Kartu Biru PWI. Khusus untuk kartu UKW ditegaskan bahwa kartu ini bisa diperoleh saat ujian UKW oleh Dewan Pers dan lembaga lain yang berafiliasi dengan Dewan Pers. “Soal kartu UKW, tidak lagi diperkenankan menggunakan surat keterangan saja. Jadi semua yang sudah lulus UKW segera mendesak kartunya dikeluarkan oleh Dewan Pers. Tak ada lagi kasus peserta memakai surat keterangan lulus UKW. Yang ada menunjukkan kartu UKW nya.” Tegas Janu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Polda Aceh Gelar Upacara

Sen Okt 28 , 2019
Banda Aceh – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh, Senin (28/10) Pagi menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019 yang berlangsung di lapangan halaman depan Mapolda Aceh. Bertindak selaku Inspektur Upacara Irwasda Polda Aceh Kombes Pol. Erwin Faisal, S. E., M. Si, mewakili Kapolda Aceh, dan dihadiri oleh Para […]