Halmahera Selatan Siap Jadi Tuan Rumah Kejurnas Sarung Tinju Emas SIWO PWI 2021

Bupati Terpilih Halmahera Selatan, Usman Sidik Saat Diwawancarai Awak Media

Jakarta – Baiturrahmanfm.co.id. Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara dipastikan siap menggelar kejuaraan nasional (Kejurnas) Sarung Tinju Emas (STE) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang rencananya dilaksanakan pada September 2021 mendatang.

Bupati Terpilih Halmahera Selatan, Usman Sidik disela-sela seminar olahraga nasional di Hotel Pullman Jakarta, Thamrin CBD Jakarta, Rabu (24/03), turut memberikan apresiasi atas dipercayanya Kabupaten Halmahera Selatan sebagai tempat pelaksanaan kejurnas Sarung Tinju Emas SIWO PWI 2021.

Usman mengaku, pembinaan olahraga memang sudah menjadi program bersama Wakil Bupati terpilih Bassam Kasuba, dimana setiap kegiatan olahraga disambut baik dalam rangka meningkatkan prestasi guna mewujudkan Halmahera Selatan menjadi berprestasi tidak hanya di tingkat nasional, maupun internasional.

“Kita akui provinsi Maluku Utara punya potensi yang cukup besar melahirkan petinju handal seperti Albert Papilaya, Welem Papilaya (Almarhum), Hamdani Tomagola dan Sunan Agung Amoragam. Kejurnas sarung tinju emas ini cukup baik, dan untuk itulah kami siap mendukung kegiatan ini demi lahirnya petinju yang mampu berbicara baik di tingkat nasional maupun internasional,”kata Obama begitu dia disapa.

Ketua Siwo PWI Maluku Utara Asri Fabanyo mengatakan, Bupati Halmahera Selatan Terpilih Usman Sidik memang bertekad membangun potensi yang ada di Halmahera Selatan. Salah satunya lewat olahraga tinju yang menjadi andalan di Maluku Utara.

“Halmahera Selatan daerah yang indah dengan nuansa laut dan alamnya. Insya Allah Sarung Tinju Emas SIWO PWI 2021 bisa digelar di sini,”kata Asri yang juga Pemred halmaheraraya.id.

Sebelumnya, Ketua Umum PP Pertina, Mayjen TNI (Purn) Komarudin Simanjuntak menerima pengurus Siwo Pusat di kantornya. Dalam kesempatan itu, Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa, beserta Sekjen SIWO PWI Pusat, Suryansyah, memaparkan rencana kegiatan itu akan dibuat seperti apa.

Berdasarkan paparan tersebut, Sarung Tinju Emas Siwo PWI akan yang rencananya akan digelar di Halmahera Selatan September 2021 mendatang mempertandingkan 17 kelas. “Sebenarnya kami ingin menggelarnya pada tahun lalu di Banjarmasin, tapi karena ada pandemi Covid-19 kami menundanya. Saat ini, Maluku Utara juga menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah event ini,” ucap Gungde Ariwangsa.

Kegiatan ini disambut baik oleh PP Pertina. Bahkan, Ketua Umum PP Pertina, Komaruddin Simanjuntak mendukung penuh dan menuturkan ajang ini bisa saja menjadi kualifikasi untuk salah satu program PP Pertina yaitu Piala Presiden.

Rencananya, PP Pertina ingin menggelar Piala Presiden pada Desember 2021. Mereka pun ingin mengundang petinju dari negara lain. “Jadi, juara dari Sarung Tinju Emas bisa menjadi wakil Indonesia di Piala Presiden nanti,” jelas Komarudin Simanjuntak.

Lebih lanjut, ia pun menyadari masih kurangnya kompetisi maupun kejuaraan tinju amatir di Tanah Air dalam beberapa tahun terakhir. “Maka itu, kalau ada kerja sama seperti ini kami sangat senang sekali. Bahkan kalau bisa, setiap satu atau dua bulan antara PP Pertina dan SIWO PWI bisa bekerja sama untuk buat kejuaraan tinju kecil-kecilan saja tapi rutin, dan bisa disiarkan televisi misalnya.” Tutup mantan Pangdam IX/Udayana itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Ratusan Manuskrip Aceh dikonservasi oleh Tim Pusat Preservasi Naskah Kuno Perpusnas RI

Kam Mar 25 , 2021
Banda Aceh – Baiturrahmanfm.co.id. Sebanyak 150 manuskrip Aceh milik kolektor Aceh, Tarmizi Abdul Hamid dikonservasi oleh Tim Pusat Preservasi Naskah Kuno dan Alih Media Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI untuk pemanfaatannya bagi keilmuan Nusantara. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, mulai 22 hingga 24 Maret 2021 di kediaman Tarmizi Rumoh Manuskrip […]