Dana Desa Tak Jelas, Warga Segel Kantor Desa

Warga Desa Kuala Bakti Segel Kantor Desa

Reporter : Yuli

SIMEULUE – Puluhan warga desa Kuala Bakti Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue, melakukan aksi menutup kantor desa setempat selasa (14/04), yang menurut warga, dana desa yang tidak ada kejelasan dan pembanguanan fisik tahun anggaran 2019 belum tuntas hingga saat ini.

Penyegelan kantor desa Kuala Bakti oleh puluhan warga yang tidak percaya lagi terhadap pimpinan desa setempat, setelah diadakan nya pemantauan seluruh pembangunan fisik tahun anggaran (TA) 2019 oleh beberpa tokoh masyarakat pada Rabu 25 Maret 2020.

Beberapa bangunan yang tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan masih banyak yang harus dibenahi. Salah seorang tokoh masyarakat, Ruswali, menyebutkan, salah satu bangunan pagar sawah didusun Urung Jaya, pada RAB tersebut 600 meter, tetapi yang selesai dibuat baru 300 meter, kecuali gorong gorong bisa disebut selesai pelerjaannya 100 persen. Selain itu, beberapa pembangunan lainnya yang masih perlu dibenahi.

Setelah melakukan pemantauan seluruh pembangunan fisik TA 2019, beberapa tokoh masyarakat memaparkan hasilnya kepada pimpinan desa. Setelah menunggu 20 hari, tokoh dan masyarakat tidak mendapatkan tanggapan dan penjelasan dari pihak Kepala Desa.

Ruswali juga mempertanyakan raelisasi terhadap bangunan yang tak jadi kepada BPD desa Kuala Bakti. Namun pihak BPD malah menyatakan telah menarik dana Tahun Anggaran 2020.

“Masalahnya, bangunan TA 2019 belum selesai, malah pihak pimpinan melakukan lagi pencairan anggaran tahun 2020, jadi bagaimana pertangungjawabannya”, tanya Ruswali dengan penuh heran.

Akibat kejadian tersebut, masyarakat kecewa dan tidak percaya terhadap pimpinan desa dan perangkat desa. Masyarakat desa Kuala Bakti lebih kecewa lagi, ketika beberapa waktu lalu, pimpinan desa mengancam masyarakat agar tidak banyak bertanya, karena pimpinan desa tersebut mantan preman.

Masyarakat desa Kuala Bakti meminta pihak kecamatan agar memimpin desa mereka untuk sementara waktu, hingga selesainya kasus pembangunan desa Tahun Anggaran 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Cegah Corona, Ditbinmas Polda Aceh Himbau Masyarakat Pakai Masker

Sel Apr 14 , 2020
Laporan : Kapten Reza BANDA ACEH – Personel Ditbinmas Polda Aceh, menghimbau warga masyarakat di seputaran Kota Banda Aceh untuk memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona, Senin (14/4). x Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Ery Apriyono, S. I. K., M. Si, kepada Baiturrahmanfm.co.id menyebutkan, kegiatan himbauan itu disampaikan […]